Timnas U-23 Positif Ke Incheon Korea Selatan

Timnas U-23 Positif Ke Incheon Korea SelatanTimnas U-23 Positif Ke Incheon Korea Selatan – Harapan PSSI untuk mengirimkan cabor Sepakbola ke ajang Asian Games 2014 akhirnya terwujud juga setelah mendapat persetujuan dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) selaku pihak yang bertanggungjawab melakukan pembinaan terhadap seluruh cabang olahraga.

Setelah melakukan berbagai pertimbangan Satlak Prima akhirnya memutuskan bahwa sepakbola akan termasuk dalam 19 cabang olahraga yang akan dikirim ke Incheon, Korea Selatan untuk mewakili Indonesia.

Menurut Suwarno keputusan tersebut sudah final. Ada dua bahan pertimbangan yang akhirnya membuat sepakbola jadi ikut diberangkatkan ke Asian Games 2014. Yang pertama adalah karena sepakbola cukup populer di kalangan masyarakat dan alasan yang kedua adalah karena ada kemungkinan prestasi dalam dunia sepakbola akan meningkat.

Pihak Satlak Prima akan terus memantau perkembangan Timnas U-23 hingga tujuh bulan yang akan datang. Dalam kurun waktu tersebut akan banyak laga ujicoba maupun singelevent yang akan dilakoni.

Suwarno juga mengatakan hingga saat ini pihak PSSI masih belum mengumpulkan daftar nama pemain yang akan ikut berlaga memperkuat timnas U-23 di Asian Games nantinya sehingga pihak Satlak Prima hanya menentukan jumlah kuotanya saja. Itupun berdasarkan kuota  diajang sebelumnya yaitu 23 orang pemain, 6 orang pelatih dan 1 orang manajer.

Menanggapi kuota yang telah ditetapkan, Aji Santoso mengatakan itu bukanlah menjadi masalah. Meski ia sudah memanggil 28 orang pemain untuk masuk  dalam training camp Garuda muda yang akan digelar 25 Pebruari nanti, tentu saja dalam training tersebut nantinya akan ada pencoretan. Dan tentunya pelatih akan memilih yang terbaik diantara mereka dan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan.

Untuk persiapan laga di Asian Games yang digelar akhir bulan September nanti, pelatih timnas U-23 itu mengaku telah mengadakan komunikasi dengan pihak Badan Tim Nasional (BTN) terkait dengan nama nama pemain yang akan ikut bergabung dalam timnas U-23 dalam ajang multi nasional tersebut.

Awal pemanggilan mulai tanggal 25 Pebruari hingga 4 Maret 2014. Selain itu Aji Santoso mengatakan akan memantau pemain dari laga ISL. Diharapkan target 28 orang pemain bisa didapat karena pada tanggal 4 Maret rencananya Timnas U-23 akan menjalani laga uji coba dengan timnas U-23 Argentina. Laga ujicoba tersebut rencananya akan digelar di Indonesia.

Dalam persiapan ajang Asian Games ini nanti, Aji Santoso tidak akan mengadakan TC jangka panjang seperti Sea Games lalu. Namun pusat pelatihan ini nanti akan menerapkan pola jangka pendek. Hal itu terpaksa dilakukan karena saat ini sedang berlangsung kompetisi ISL yang membuat para pemain memiliki jadwal yang padat untuk membela klub nya.

Namun Aji Santoso mengatakan bahwa ia akan menggunakan waktu yang sempit tersebut dengan sebaik baiknya. Memanfaatkan waktu yang minimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah sebuah tantangan bagi dirinya dan juga Timnas U-23.