Sepp Blatter Siap Tindak Keras Pelaku Rasisme

Sepp Blatter Siap Tindak Keras Pelaku RasismeSepp Blatter Siap Tindak Keras Pelaku Rasisme – Perilaku rasis yang tak kunjung bisa hilang dari sepak bola di seluruh dunia akhirnya coba dijawab oleh Presiden FIFA Sepp Ballter dengan akan mencoba menerapkan aturan baru dimana ia akan menghukum keras setiap klub yang pemain, pelatih, atau supporternya melakukan tindakan rasis terhadap pemain lawan di dalam suatu pertandingan.

Menurut Sepp Blatter perilaku rasisme di pentas sepak bola harus bisa di hilangkan sepenuhnya karena tidka sesuai dengan fair play yang ada. Ia berharap semua orang yang mencintai sepak bola dan ingin sepak bola menjadi olahraga yang benar – benar menjadi hiburan bagi seluruh orang di seluruh dunia agar bisa menghilangkan kebiasaan rasisme yang mereka miliki.

Sepp Blatter pun geram dengan perilaku rasis yang akhir – akhir ini kembali ramai mewarnai sepak bola Eropa. Setelah beberapa waktu yang lalu perilaku rasis menimpa bek kanan Barcelona Dani Alves kini tindakan rasis kembali terjadi di sepak bola Spanyol. Para fans Atletico Madrid melakukan tindakan rassi terhadap pemain Levante Pape Diop dengan mengatakan aksi negatif yang berbau rasis. Akibatnya, federasi sepak bola Spanyol memilih untuk menjatuhkan sanksi terhadap Atletico Madrid dimana mereka menilai tindakan rasis yang dilakukan oleh fans Atletico Madrid tersebut sudah menjadi sebuah tindakan yang amat sangat mengotori sepak bola.

Saat diwawancara tentang kasus ini Sepp Blatter mengatakan ingin mencoba menerapkan peraturan yang menindak jauh lebih tegas siapapun yang terlibat dengna tindakan rasisme. Ia berharap dengan hukuman keras yang diberikan tersebut dapat memberikan efek jera terhadap pelaku agar tak lagi mengulangi hal yang sama di masa yang akan datang. Seharusnya bukan hanya diberlakukan hukuman penutupan Stadiun namun yang harus dilakukan adalah melakukan pengurangan poin terhadap klub tersebut atau bahkan bisa saja langsung memberikan hukuman degradasi terhadap klub yang diketahui melakukan tindakan rasisme karena rasisme merupakan pelanggaran berat bukan hanya di sepak bola namun juga sudah masuk kedalam pelanggaran HAM ungkap Blatter.

Menanggapi pernyataan dari Sepp Blatter tersebut offisial UEFA yakni Pedro Pinto mengaku mendukung apa yang akan dilakukan oleh otoritas sepak bola tertinggi di dunai tersebut untuk memberikan efek jera terhadap klub yang diketahui melakukan tindakan rasis baik itu dari pihak pemain, pelatih atau fans dimana menurutnya aturan yang sudah ada akan coba di terapkan untuk menghilangkan perilaku diskriminasi terutama rasial dimana menurutnya hal itu sudah sangat dilarang dan sudah tercantum dalam peraturan UEFA. Tentang kasus rasisme yang kembali ramai di Spanyol ia juga mengaku sangat mengutuk hal tersebut dan berharap otoritas sepak bola terkait dapat membenahi dan menghukum keras para pelaku agar tak lagi terjadi kasus rassime di Spanyol nantinya.