Sam Allardyce Kritik Andre Villas-Boas

Sam Allardyce Kritik Andre Villas-Boas

Sam Allardyce Kritik Andre Villas-Boas – Sebuah kritikan pedas dilancarkan oleh pelatih West Ham United Sam Allardyce terhadap Andre Villas-Boas. Bagi Allardyce, pelatih berkewarganegaraan Portugal itu cengeng, karena hanya mendapatkan suatu tekanan sudah berkoar-koar tidak menerimanya.

Buntut ketidakpuasan dari Allardyce muncul setelah ia turut mengamati perkembangan dari sesama rekan kepelatihannya di Liga Premier dan ia yakin bahwa hanya proses kedewasaan saja yang bisa menunjukkan kematangan seorang pelatih dalam menghadapi sebuah tekanan berat.

Bahkan mantan pelatih Chelsea itu sempat mengecam beberapa media setelah aksi konferensi pers diadakan selepas tim asuhannya mampu mengimbangi juara bertahan Manchester United 2-2 di White Hart Lane.

Kala itu Andre Villas-Boas tampak emosi dan menuduh bahwa salah satu wartawan ada yang merendahkan martabat kepelatihannya ketika tim asuhannya menelan kekalahan besar dari Manchester City.

Mungkin selain mengkritisi keputusan Villas-Boas yang berapi-api, Allardyce justru meminta rekan kepelatihannya itu untuk terus berkonsentrasi dengan pekerjaannya saja dan tidak perlu menanggapi terlalu berlebihan tekanan yang ditujukan kepadanya.

“Sebagai seorang pelatih, kritikan itu akan selalu ada. Entah ada memberikan kemenangan, tetapi tim bermain buruk, anda pasti akan dikritik. Sebaliknya, jika anda menelan kekalahan besar tetapi tim anda tampil baik, anda juga tetap menerima hal tersebut.

“Tidak perlu bersikap sinis dalam menanggapi keluhan dan kritikan dari pendukung klub atau kritikus yang memang kerjaannya sepert itu. Namun justru gunakan kesempatan itu sebagai salah satu senjata andalan anda di atas lapangan,” ungkap Allardyce kepada media setempat.

 “Anda dan pemain-pemain harus mengatur ulang dan berbicara dengan sebaik-baiknya di atas lapangan. Mungkin saya pikir tanggapan yang dikeluarkan olehnya menunjukkan bahwa sikap ketidakdewasaannya terpancar dalam konferensi pers tersebut.

“Bahkan anda tidak perlu heran, bila terkadang kritikan itu dirasa sudah keterlaluan dan sulit untuk diterima oleh tubuh anda, namun tetap saja hal akan terus membayangi anda, bila anda tidak memenangkan suatu pertandingan.”

Tidak lama setelah wawancaranya dengan siaran radio lokal usai, Allardyce mengaku sangat bersimpati dengan Villas-Boas ketika berbicara dengan para wartawan setempat, di sela-sela persiapan Allardyce melawan Crystal Palace di akhir pekan ini.

“Saya memang tidak membaca komentar yang dituliskan oleh Andre Villas-Boas, namun saya hanya mendengar keterangan lebih lanjut dari mereka,” tukas Allardyce.

“Mungkin memang sedikit terlalu mengecewakan bila membaca atau mendengar apa yang ditudingkan kepadanya seperti yang ditulis di berbagai media, tetapi akan jauh lebih baik bila anda tetap tenang dan berkonsentrasi hanya untuk tim anda sendiri.

“Saya memberi saran dan masukan kepadanya untuk terus melaju dan jangan menghiraukan apa yang anda dengar. Mungkin pada akhirnya justru menguntungkan pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini.

“Namun saya memintanya untuk tetap berkonsentrasi dan yakin atas kemampuan serta anak-anak asuhannya dalam sebuah kompetisi yang panjang, pasti akan selalu ada kritikan.”