Persiapan Tim Nasional Qatar

Persiapan Tim Nasional QatarPersiapan Tim Nasional Qatar – Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 tentu saja mendapat jatah tiket otomatis tampil di Putaran Final Piala Dunia tahun tersebut. Maka, selain persiapan penyelenggaraan, Asosiasi Sepak Bola Qatar juga disibukkan dengan mempersiapkan sebuah tim nasional yang mumpuni.

Mereka tidak ingin hanya sekadar menjadi penggembira atau pun sekadar menjadi tuan rumah yang pada akhirnya gagal di Babak Pertama alias Babak Penyisihan Grup. Juru Bicara Asosiasi Sepak Bola Qatar, Khadad Amari menyatakan kalau Qatar ingin menyamai bahkan kalau bisa melebihi prestasi Korea Selatan yang menjadi semi finalis Piala Dunia pada saat mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2002 bersama Jepang.

Waktunya menurut Amari sangat tepat karena bertepatan dengan 20 tahun Piala Dunia kembali dilangsungkan di Asia. Berbagai cara dan upaya persiapan sudah dilakukan. Salah satunya adalah membangun akademi sepak bola Qatar sehingga diharapkan delapan tahun kemudian para pemain jebolan ini sudah siap untuk membela Qatar di pentas dunia. Belum lagi Qatar mentargetkan diri sebagai Juara Piala Asia tahun 2019, tiga tahun sebelum Piala Dunia digelar maka dengan demikian sudah resmi dan sah Qatar memang sebenarnya berhak tampil di Piala Dunia bukan sekadar karena mereka menjadi tuan rumah saja. Qatar ingin mematahkan dominasi Irak, Iran, Uni Emirat Arab di kawasan Timur Tengah.

Bahkan Qatar sedang memikirkan langkah melakukan naturalisasi beberapa pemain asing yang bermain di Liga Super Qatar. Pemain asing di Liga Super Qatar memang lumayan banyak. Maklum gaji yang diterima mereka cukup tinggi. Setara dengan penghasilan mereka ketika bermain di klub Eropa. Salah satu contoh pemain terkenal yang pernah bermain di Liga Super Qatar adalah Gabriel Batistuta. Batigol memperkuat klub liga Qatar Al Qashr usai bermain dengan klub Internazionale Milan. Batigol mendapatkan sejumlah gaji yang sama bahkan lebih ketika dia bermain di Inter Milan. Apalagi pada masa itu Inter juga mengalami krisis sehingga Bati sempat dipotong gajinya sama dengan beberapa pemain inter lain.

Pemain yang akan melakukan naturalisasi tentu saja adalah para pemain yang belum pernah berlaga dengan tim nasional lain. Karena jika demikian halnya, mereka sudah tidak bisa lagi bermain untuk Qatar. Qatar sendiri masih memikirkan alternatif cara lain untuk memperkuat tim nasional mereka.

Karena selain pemain ada sektor penting lain yang harus juga ditangani yakni siapa yang akan memegang kendali atas taktik dan strategi di lapangan? Pelatih tim nasional Qatar saat ini Firas Zirie boleh dibilang kurang pengalaman untuk menangani Qatar nanti di Piala Dunia. Asosisasi Sepak Bola Qatar berencana memanggil Bora Milutonovic untuk menukangi Qatar. Tetapi semua rancangan masih  disusun masih ada waktu delapan tahun lagi.