Pasaran Bola Jitu Ronaldo Berharap Bisa Akhiri Karier Di Real Madrid

Portugal's Cristiano Ronaldo

Pasaran Bola Jitu Ronaldo Berharap Bisa Akhiri Karier Di Real Madrid – Sebuah harapan disandingkan oleh kandidat peraih Ballon d’Or tahun ini Cristiano Ronaldo. Pemain yang mencatatkan tri-gol saat meloloskan Portugal ke putaran final Piala Dunia 2014 itu menegaskan niatannya untuk menghabiskan sisa karirnya di Santiago Bernabeu.

Kendati ia dikenal sebagai salah satu pencetak gol ulung untuk Madrid sejak perpindahannya dari Manchester United yang sempat memecahkan rekor dunia pada 2009, Ronaldo kerap kali justru mendapatkan siulan dan ejekan dari pendukungnya sendiri di musim pertamanya di klub tersebut.

Pendukung Madrid konon tidak terlalu suka dengan gaya permainannya yang cenderung egois dalam sebuah pertandingan dan terkadang justru memiliki kecenderungan tidak menampilkan permainan terbaiknya saat menghadapi duel sengit melawan Barcelona.

Setelah menghantarkan Portugal melewati partai hidup-mati melawan Swedia dalam memperebutkan tiket terakhir ke Brasil, Ronaldo mengaku siap menghabiskan karirnya untuk Real Madrid.

“Saya mencintai orang-orang di Madrid, Los Madrilenos, Los Madridistas,” ungkap Ronaldo. “Saya membangun sebuah impian kala pertama kali bergabung dan bermain di Bernabeu, dapat dikenal dan dicintai oleh pendukung membuat saya menjadi tampil tanpa beban.

“Saya bahkan sepertinya ingin menghabiskan karir di Madrid, karena saya benar-benar bahagia, saya mencintai kota Madrid, saya mencintai salah satu klub terbaik di dunia. Tidak ada yang dapat saya inginkan lagi selain di sini.”

Meski demikian pemain berusia 28 tahun itu menyadari bahwa hubungannya dengan pendukung Madrid terkadang tidak berjalan harmonis seperti yang diharapkannya, namun ia mengaku sangat puas bila memenangkannya dengan hati dan pikiran.

“Jujur saja pada awalnya saya tidak tahu bagaimana cara mengambil hati pendukung di Bernabeu, ini sangat istimewa, dengan perbedaan kultur dibandingkan negara lain,” puji Ronaldo. “Pada kenyataannya, di tahun pertama saya sama sekali merasa jauh dari yang diharapkan pendukung.

“Tetapi setelah saya berusaha memahami apa yang keliru dan apa yang benar dan tidak dilakukan di depan pendukung, karena pendukung memang seperti itu, ini merupakan mentalitas orang-orang Spanyol.

“Baru pada tahun ketiga atau tahun keempat, saya mulai merasakan kenikmatan tiada tara dalam bermain di Real Madrid, baik di atas maupun di luar lapangan. Dan kini saya sepenuhnya bahagia bisa berada di klub dan kota Madrid.

“Usia dan pengalaman mungkin melihat hal ini dari sudut pandang berbeda. Mungkin kali ini saya berpikir lebih dewasa dibandingkan empat tahun lalu, dan tidak melakukan banyak kesalahan dibandingkan sebelumnya. Tentu saja penampilan saya merupakan bentuk dari perkembangan saya.”

Kini Ronaldo jauh lebih tenang dan kalem dalam merayakan gol, bahkan ia sempat menganggap gol yang dicetak ke gawang Barcelona pada April 2012 tidak diperkirakan olehnya, sekaligus memastikan perebutan gelar juara pada tahun itu.

“Saya sama sekali tidak pernah merencanakan hal ini,” kenang Ronaldo. “Berawal dari pertandingan melawan Barcelona. Pendukung menarik perhatian saya dan ketika saya menciptakan gol, saya seperti memberitahukan kepada mereka agar tenang dan pertandingan belum berakhir. Dan inilah yang membuat saya tetap bertahan dan kemungkinan bisa melakukan sesuatu hal yang jauh lebih baik lagi untuk Madrid Pasaran Bola Jitu.”