Pasaran Bola Jitu Apakah Keputusan Kagawa Pindah Ke Manchester United Salah ?

Pasaran Bola Jitu Apakah Keputusan Kagawa Pindah Ke Manchester United Salah

Pasaran Bola Jitu Apakah Keputusan Kagawa Pindah Ke Manchester United Salah ? – Kita semua seharusnya merasa sedih dengan Kagawa. Minimal penulis pribadi merasa kasihan terhadapnya. Padahal dua tahun lalu, Kagawa adalah seorang pemimpin arsitek serangan di Borussia Dortmund jika Mario Gotze sedang absen atau cedera.

Jika Gotze sedang bermain maka Kagawa akan bermain lebih ke belakang dan menjadi deep playmaker atau bisa juga menjadi seorang regista. Dia juga termasuk dalam barisan pemain yang mengkilap di Liga Jerman pada tahun 2012. Orang Jepang ini juga memenangkan penghargaan dari Asian Football Confederation (Konfederasi Sepakbola Asia) atau AFC sebagai pesepak bola Asia Internasionaltahun 2012.

Sang Samurai kemudian pindah ke Manchester United dengan harapan bahwa dia adalah bukti pemain Jepang juga bisa berjaya di klub besar bukan sekadar hanya di klub kelas kedua di Eropa. Kagawa juga mengatakan salah satu alasannya untuk pindah ke Manchester United adalah dia akan berada di bawah arahan pelatih gaek nan berpengalaman Sir Alex Ferguson. Fergie sendiri juga menyatakan ada dua alasan bagus mengapa dia membeli Kagawa dan mengapa Manchester United membutuhkannya.

Pertama adalah United butuh kreatifitas di lini tengah. Sepeninggal Cristiano Ronaldo, Setan Merah miskin kreatifitas serangan di tengah. Aliran serangan mereka lebih hidup di pinggir lapangan yang merupakan kekuasaan sayap United. Hal ini memang sudah menjadi kekuatan Setan Merah selama bertahun-tahun. Tapi, kini Ryan Giggs sudah tidak semuda dulu, sedangkan di sisi kanan Setan Merah tak kunjung menemukan pengganti sepadan David Beckham ataupun Cristiano Ronaldo.

Alasan kedua adalah pada saat Fergie mendatangkan Kagawa, mereka belum mempunyai Van Persie seperti sekarang. Pada saat itu ujung tombak utama United adalah Rooney. Akan sangat berbahaya jika Rooney kemudian tampil dalam form buruk atau di bawah standar penampilan biasanya. Apalagi Rooney mengetahui bahwa posisinya tidak akan tergantikan, maka mendatangkan Kagawa diharapkan memecahkan kedua permasalahan tersebut juga masalah-masalah turunan yang timbul akibat permasalahan utama dari dua tadi.

Lalu apa yang terjadi kemudian? Kagawa masih aman pada musim 2012 karena dia tidak mempunyai pesaing walaupun dia sering turun dari bangku cadangan. Fergie memang sudah bilang bahwa dia akan sering turun dari bangku cadangan dan diharapkan menjadi pahlawan seperti para pemain United selama ini.

Masalah kemudian timbul di awal musim 2013 di mana Fergie mengontrak Van Persie dan menerapkan formasi 4-2-3-1 untuk memasukkan Van Persie dalam skema Setan Merah. Kagawa masih selalu didaftarkan di bangku cadangan United tetapi ketika dia turun, ternyata skema tersebut tidak cocok untuknya karena dia kehabisan tempat di lini tengah.

Skema ini juga diteruskan oleh Moyes yang semakin membuat Kagawa tersingkir. Sekarang, tinggal bagaimana Kagawanya, apakah dia akan mampu beradaptasi dengan sistem atau justru mencari sistem yang cocok untuknya? Pasaran Bola Jitu.