Graham Poll Sebut Penalti Untuk Barca Sudah Tepat

Graham Poll Sebut Penalti Untuk Barca Sudah TepatJonas Eriksson Sebut Penalti Untuk Barca Sudah Tepat – Jonas Eriksson yang memberikan penalti untuk Barcelona dalam pertandingan dipertanyakan banyak pihak. Tapi, menurut salah seorang mantan wasit Liga Inggris, Graham Poll memberi pernyataan bahwa keputusan wasit itu tepat dengan memberikan hadiah penalti.

Tendangan penalti itu terjadi pada menit 53 ketika Martin Demichelis melakukan tekel kepada Lionel Messi. Barca mendapatkan tendangan penalti, sementara Demichelis mendapatkan kartu merah dan diusir keluar dari lapangan pertandingan.

Kemudian hal tersebut menjadi permasalahan saat ini, kontak awal antara Demichelis dan Messi terjadi di luar kotak terlarang. Banyak pendapat pun muncul setelah pertandingan berakhir, menyebutkan bahwa penalti tersebut tidak sepatutnya diberikan oleh Eriksson yang memimpin pertandingan.

Tapi, Poll berpendapat beebeda. Menurut dia, penalti tersebut sudah benar diberikan untuk Barca dalam pertandingan itu. Apa alasan wasit memberi penalti?

“Apa yang tidak bisa disangkal adalah Martin Demichelis melanggar Lionel Messi dan dia sadar bahwa pemain asal Argentina itu sudah melewatinya dan kemungkinan besar akan mencetak gol ke gawang. Itu jelas kartu merah untuk dirinya.”

“Yang jadi pertanyaan adalah posisi di mana pelanggaran itu terjadi dalam pertandingan. Saya diberitahu bahwa seorang bek berpengalaman akan melakukan upaya tekel terakhir begitu tahu mereka ada di luar kotak terlarang.”

“Meski begitu, saya berpendapat bahwa kontak antara keduanya berlanjut sampai di garis kotak penalti atau lebih. Ini artinya penalti itu tepat diberikan wasit.”

“Jika sang wasit ragu-ragu dalam mengambil keputusan, maka mungkin dia akan memberikan pelanggaran di luar kotak penalti City. Anda tidak bisa menebak-nebak penalti atau tidak saat itu. Eriksson pasti sudah yakin sejak awal dan jika Anda melihat pelanggarannya dari sudut asisten wasit dalam pertandingan, dia pasti akan melihat pelanggaran itu terjadi di dalam kotak penalti City.”

“Untuk mendukung keputusan wasit yang memimpin pertandingan, telah terjadi kontak kedua dalam pelanggaran itu. Kontak kedua ini terjadi lewat kaki Demichelis yang masih terkait ke Messi dalam kejadian itu, dan itu terjadi di dalam kotak penalti City.”

“City boleh merasa kecewa atas apa yang terjadi, tapi mereka beruntung tidak tertinggal tiga gol dalam pertandingan ini. Gol Gerard Pique dianulir karena dia berada di dalam posisi offside lebih dulu, meski sebenarnya Gael Clichy membuatnya berada dalam posisi onside dalam gol tersebut.

Salah satu peraturan dalam Law of The Game yang dikeluarkan FIFA disebutkan demikian: “if a defender starts holding an attacker outside the penalty area but continues holding inside the penalty, the referee shall award a penalty.”

“Jika seorang bek mulai menahan seorang pemain menyerang di luar area kotak penalti, namun terus menahan pemain itu sampai ke dalam kotak penalti, maka wasit harus memberikan penalti sebagai hadiah.”